bisnis referral - bisnisedia.com

Apa itu PHP dan Fungsinya dalam Pemrograman Website

Kamis, 20 April 2017 23:11 Jhoel Rocher - Website

Halo agan-agan sekalian, kali ini sengaja saya posting tentang Apa itu PHP dan Fungsinya dalam Pemrograman Website yang tentunya ini sangat penting untuk kamu ketahui sebelum memulai belajar membuat website.

Apa itu PHP dan Fungsinya dalam Pemograman Website

Menurut wikipedia pada awalnya PHP itu kepanjangan dari Personal Home Page (Situs Personal) dan di buat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Konon pada waktu itu PHP ini masih bernama Form Interpreted (FI) yang di gunakan untuk mengelola data formulir website.

Saat sekarang PHP merupakan kepanjangan dari Hypertext Preprocessor yang merupakan bahasa pemograman website yang juga di gunakan untuk membangun CMS, misalnya joomla, wordpress, dll.

Pada penerapannya, PHP itu sangat sensitif terhadap error, karena fungsi utama dari Php ini ialah mengelola data dan di eksekusi dalam sever. Artinya jika sebuah website yang menggunakan program Php di akses maka server akan mengeksekusi skrip Php lebih dulu sebelum di tampilkan ke browser clien.

Berbeda dengan Html, Css dan Js yang tugas utamanya sebagai penentu tampilan website sehingga di sebut sebagai Pemograman Client-side.

Untuk menulis program PHP yang paling utama adalah nama filenya harus berakhiran .php tidak yang lain, namun dalam filenya juga bisa di gabung dengan bahasa pemograman lainnya yang mendukung seperti html, js, atau css.

Kemudian dalam menulis skripnya biasanya menggunakan awalan <?php di akhiri dengan ?> dan juga di dalam skrip Php terdapat variabel, fungsi ,class, dll. 

Fungsi utama Kode Pemrograman PHP sebenarnya untuk memudahkan website dalam mengelola data, seperti menginput data atau menampilkan data dari database mysql dan juga input dan validasi form pada website.

Baca Juga : Input Data ke Database Mysql dengan PHP dan Mysqli

Misalnya untuk menulis nomor atau data berulang pada halaman website sangat merepotkan apabila menulisnya secara manual dengan copy paste, dengan PHP hanya menggunakan satu fungsi saja.

Misalnya pada HTML kita ingin menampilkan data sebagai berikut :

<!DOCTYPE HTML>
<html>
<head>
	<meta http-equiv="content-type" content="text/html" />
	<meta name="author" content="" /> 
	<title>Daftar nomor undian hari ini</title>
</head> 
<body>
    <h1>Daftar nomor undian hari ini</h1>
    <ul>
        <li>Nomor Undian = 124 (Valid)</li>
        <li>Nomor Undian = 112 (Valid)</li>
        <li>Nomor Undian = 222 (Valid)</li>
        <li>Nomor Undian = 532 (Valid)</li>
        <li>Nomor Undian = 782 (Valid)</li>
        <li>Nomor Undian = 122 (Valid)</li>
    </ul>
</body>
</html>

Perhatikan kode html tersebut, akan sangat rempong dan repot jika menulisnya secara manual dan panjang tentunya. Coba bandingkan dengan menggunakan kode PHP berikut ini :

<!DOCTYPE HTML>
<html>
<head>
	<meta http-equiv="content-type" content="text/html" />
	<meta name="author" content="" /> 
	<title>Daftar nomor undian hari ini</title>
</head> 
<body>
    <h1>Daftar nomor undian hari ini</h1>
    <ul>
        <?php
        $data = array(124,112,222,532,782,122);
        foreach($data as $int){
            echo '<li>Nomor Undian = '.$int.' (Valid)</li>';
        }
        ?> 
    </ul>
</body>
</html>

Nah lebih sederhana kan, dengan PHP berapapun pengulangan seperti penomoran akan lebih akuran dari pada menulis seperti biasa.

Tidak hanya itu, pemrograman Php juga aman dari privasi jika ingin mengelola data rahasia karena pengeksekusiannya pada server bukan di browser sehingga jika kita lihat website pada umumnya, meskipun ektensi filenya .php tetap kita hanya dapat melihat kode htmlnya saja.

Demikian sedikit pembelajaran kita tentang Pengenaan PHP, semoga dapat membantu. Jangan lupa untuk share artikel ini.

Chao...!


Bagikan Artikel

Baca Juga
2 Bulan yang lalu artikel yang sangat membantu, terimakasih

Tambah Komentar

Terbaru

Populer

Komentar