bisnis referral - bisnisedia.com

Cara Ampuh Compress dan Resize Foto untuk Postingan Blog

Rabu, 01 Maret 2017 13:26 Jhoel Rocher - Tips & Trik

Iseng-iseng browsing kiri kanan bareng om google buat cari tau mengapa loading situs blog saya lemot, dan akhirnya nemu juga sebuah tulisan dari om google sendiri. Salah satu penyebabnya adalah dari konten atau postingan blog saya yang menggunakan gambar yang ukuran bitnya sangat besar. Nah kali ini aku kasi kamu tipsnya agar file foto dalam postinganmu bisa di compress atau di resize tanpa mengurangi kualitasnya dan ini sangat-sangat di rekomendasikan bagi kamu yang berniat cari duit di google hehehe..

Mengapa File Foto harus di Compress atau Resize pada Blog?

Sebenarnya compress file foto atau gambat postingan itu nda perlu bagi saya untuk kamu pengguna blogger.com ataupun website, sebab jika menggunakan chace browser gambarpun akan tersimpan di browser ketika halaman website di load. Namun sangat memberatkan untuk pengguna mobile apalagi ketika pertama kali membuka halaman blog atau website tersebut.

Ketika halaman website atau blog di render, maka file gambar akan di download oleh browser dan akan memakan waktu jika ukurannya besar sehingga ini akan membuat pembaca bosan dan kabur dari situs blogmu.

Jadi, ini pentingnya compress file foto atau gambar postingan agar pengunjung blog atau website kamu betah berkeliling di semua kontent yang kamu buat. Selain itu search engine seperti googe zaman sekarang juga semakin canggi, di juga akan suka pada blog yang mempunyai halaman ramah lingkungan seperti loading yang cepat dan membuat pengunjung betah.

Langsung saja tipsnya agaimana caran ampuh compress dan resize foto untuk postingan blog kamu yaitu hanya dengan menggunaan sebuah aplikasi yang bernama GIMP 2. Aplikasi ini merupakan rekomendasi google untuk mengompress juga sekaligus dilengkapi banyak fitur dan hampir semua tipe file gambar di dukung oleh aplikasi ini.

Menggunakan GIMP 2 untuk compress foto sangatlah mudah dan tidak butuh tools di aplikasi. Jika mau edit gambar saya saranan gunakan saja Photoshop atau aplikasi lain yang kamu bisa karena saya juga tidak tau edit gambar di Gimp hehehe, jika kamu bisa share di komen aja biar saya juga tau.

Berikut tutor compress foto dengan Gimp :

1. Download dulu aplikasinya melalui gimp.org/downloads. Tenang aja ini aplikasinya Gratis bukan bajakan.

2. Instal dulu lalu jalankan aplikasinya akan tampil seperti gambar berikut :

Tampilan awal aplikasi Gimp

3. Buka file explorer kamu, dan klik dan tarik foto yang ingin kamu compress di dalam area aplikasi Gimp. Sebagai contoh saya mengompress foto ukutan 4160x2340 Pixel hasil kamera Hp dengan ukuran 5.11 Mb. Kita akan liat seberapa besar hasil kompresannya dengan mengubah ukurannya ke lebar 1024 Pixel karena ukuran 4Mp itu sangat besar sekali untuk konten blog.

Menu Resize Foto di Gimp

4. Ubah ukuran gambar dengan mengklik menu Image lalu Scale Image dan ubah saja lebarnya pada kolom Width pada Image Size sesuai ukuran yang kamu inginkan, Klik Scale. Untuk mulai compress, klik menu File lalu pilih Export as...

Menu Export As di Gimp

5. Kemudian masukkan nama file untuk file output pada kolom Name paling, ganti dengan nama lain agar file aslinya tetap ada. Pada bagian bawah klik Select File Type(By Extension) untuk memilih jenis file apa untuk hasil keluarannya, sebaiknya pilih JPEG image untuk setiap gambar postingan blogmu karena file jpg mempunyai kompresi yang baik untuk gambar berukuran besar. lalu klik Export.

Export as JPEG di Gimp

5. Di settingan selanjutnya kita menyetting seberapa besar kualitas compress foto yang kita inginkan dan melihat ukuran akhirnya. Untuk settingan saya liat gambar berikut.

Export as JPEG option di Gimp

Pada pilihan Quality sebaiknya jangan kurang dari 50 agar hasilnya tidak pecah, juga di Smoothing jangan terlalu besar. Centang Use Restart Markers dan Export.

Begitulah kiranya cara Rezise dan Compress foto menggunakan aplikasi Gimp ini. Untuk hasil compresan foto yang saya kerjakan bisa di liat di awah ini.

Foto Hasil Compress

Foto oleh : Jamudi, Camera : Xiaomi Mi 4

Sekian dan semoga bermanfaat. Jika artikel ini membantumu jangan lupa untuk di Share karena mungkin ada orang lain yang belum mengetahui kiranya bisa memberi pahala buat kita.

Wassalam!


Bagikan Artikel

Baca Juga
Belum ada komentar! Jadilah yang pertama berkomentar di sini.

Tambah Komentar

Terbaru

Populer

Komentar